Sabtu, 22 Desember 2012

Film Omnibus

Omnibus? Omnibus itu apa sih?
Jadi, film omnibus adalah film panjang yang terdiri dari beberapa segmen (biasanya sih satu cerita dan cerita lainnya saling berhubungan)
Segmen? Maksudnya gimana bro?
Maksudnya, dalam film itu ada beberapa cerita yang berbeda baik karakter dan alurnya. Jadi semacam baca antologi cerpen gitu... Sebenarnya, omnibus ini bukan barang baru di perfilman Indonesia, hanya saja, masyarakat masih kurang familiar dengan kehadirannya. Ya, seperti kita ketahui, perfilman Indonesia (sekarang mencoba bangkit, sih) penuh dengan horror nyeleneh bin sekenanya yang malah menonjolkan cewek-cewek seksi daripada hantunya. Dan lebih ironisnya lagi, lebih menonjolkan sisi comedy sexnya daripada kematangan alur dan plotnya.
Sudahlah, kalau diterusin saya gak bisa berhenti mencela film begituan hehe. Back to topic....
Apa aja sih contoh-contoh film omnibus yang berkualitas?
Di genre horror, saya pernah nyoba nonton 4bhia, Phobia 2, V/H/S 2012, Takut: Faces of Fear. Juarak nya tetep 4bhia dan Takut: Faces of Fear.
Sementara di genre romance, saya pernah coba Sad Movie. Bagus kok ceritanya, tapi tenang aja, gak sad-sad amat kok :)
Dan FYI, baru-baru ini, orang-orang berbakat Indonesia, menyelenggarakan kompetisi WATDEFAK! Salah satu kompetisi film pendek bergenre bebas, di mana penonton bisa membuat sendiri. Iya, kita bisa ngebuat alurnya sendiri! Penasaran? buka aja watdefak.com untuk rasa penasaran yang lebih lanjut :)

Gimana? Tertarik buat nonton film omnibus? Atau malah membuat film omnibus? Kalau saya sih lebih suka omnibus dari pada film biasa.. Tapi, bagaimana dengan Anda? :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar