Selasa, 03 Mei 2011

Tips Menulis Cerpen Remaja Ala Hilda

Halo!!
Pertama-tama gue bukan nulis ini karena gue udah jago nulis cerpen, yah kita sama-sama masih belajarlah..
Tapi walau gitu, gue pernah memenangkan LMCR 2009 (waktu gue kelas 7) dan LMCR 2010 (waktu gue kelas 9) seenggaknya hal itu ngebuat gue lebih PD ngasih tips ke kalian

Okay, kalian masih penasaran sama tips yang mau gue kasih?
Cekidot yaa!


  1. Bikin tema yang beda dari yang lain. Kalian jangan jadi followers! Be a trend setter! Di saat remaja-remaja lain keranjingan cerita berbau cinta-cinta-cinta (ampe bosen gue liatnya) Bikin dong tema lain yang gak kalah seru! Asah kepekaan kalian akan dunia luar (jiwa cerpenisnya muncul nih wkwk)
  2. Jangan lupa bikin judul yang kontroversial (tapi jangan jorok dan berbau SARA lho) maksudnya kontroversial di sini, bisa bikin pembaca penasaran sama cerpen kalian hanya dengan melihat judulnya. Dalam cerpen, judul itu magnet. Jadi kreatiflah dalam membuat judul.
  3. Jangan meniru style orang lain. Maksudnya, dalam nulis, be your self aja. Jangan takut untuk menuangkan kreatifitas kalian dalam cerpen. Dan yang terpenting jangan pernah MENJIPLAK karya orang lain. Karena itu gak etis banget dan nunjukin kalo kalian gak percaya sama kemampuan kalian sendiri.
  4. Jangan takut gagal. Kalo kalian udah takut dulu sama aja kalah sebelum berperang dong?
  5. Kalo kena syndrom writer's block? (baca : otak buntet) jangan paksain diri, keluarlah sebentar menikmati lingkungan sekitar. Kalo udah agak mendingan, baru deh lanjutin :)
  6. Dan yang terpenting, kasih roh di cerita kalian (ha? maksudnya gimana Hil?) ya usahain, setiap kalimat yang kalian buat itu bisa menarik pembaca semakin dalam ke alur cerita. Pinter-pinter merangkai kalimat deh pokoknya :)

Well, seperti yang tadi gue bilang, gue cuma mau berbagi tips. Semoga berguna ya buat temen-temen semua. Kalo ada yang mau comment juga gakpapa kok. Keep on writing, guys!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar